Jumat, 26 Agustus 2016

TIRU KONSEP BERPIKIR PEMAIN CATUR UNTUK STRATEGI BISNIS PERUSAHAAN ANDA



TIRU KONSEP BERPIKIR PEMAIN CATUR UNTUK STRATEGI BISNIS PERUSAHAAN ANDA



Permainan catur memiliki bidak yang sama, namun pemain catur tidak akan pernah bisa menerapkan strategi yang sama dalam setiap permainannya. Pemain catur selalu berpikir beberapa langkah ke depan, namun strategi berikutnya bisa berubah tergantung langkah balasan dari lawan. Demikian juga dalam berbisnis, kadang kita optimis dengan rencana yang sudah kita buat, namun terkadang reaksi dari bawahan, rekan kerja, atasan, sering kali berbeda dengan apa yang kita harapkan.  Apa yang bisa kita ambil dari konsep berpikir pemain catur sebagai bahan belajar strategi bisnis perusahaan?

 

PROMO KEMERDEKAAN DI PERPANJANG SAMPAI 31 AGUSTUS 2016!!!


Jumat, 12 Agustus 2016

Perbedaan Peran Top Management dalam Sistem Manajemen Lingkungkan ISO 14001:2004 dengan ISO 14001:2015



Top Management memiliki perbedaan peranan dalam Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:2015 dengan versi sebelumnya (ISO 14001:2004). Dalam persyaratan ISO 14001:2004 kewajiban Top management hanya disebutkan dalam dua klausal, yaitu 4.2 Terkait “Kebijakan Lingkungan” dan klausal 4.4.1 terkait “Sumber daya, peran, tanggung jawab dan wewenang”, sedangkan dalam ISO 14001:2015 terdapat klausal khusus menjelaskan kewajiban Top Management dalam implementasi ISO 14001:2015 yaitu klausal 5 Terkait “Leadership” yang dijelaskan dalam 3 sub klausal yaitu: 5.1 Kepemimpinan dan komitmen; 5.2 Kebijakan lingkungan; 5.3 Peran organisasi, tanggung jawab dan wewenang.

Kebijakan Lingkungan. Peran Top Managemen terkait kebijakan lingkungan dalam ISO 14001:2015 pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan ISO 14001:2004, dalam ISO 14001:2004 Top Management cukup mendefinisikan dan memastikan kebijakan lingkungan sesuai dengan lingkup bisnisnya, sedangkan dalam ISO 14001:2015 Top Management harus menetapkan, menerapkan dan memelihara kebijakan lingkungan dalam lingkup system manajemen lingkungan.

Peran Organisasi, Tanggung Jawab dan wewenang. Dalam ISO 14001:2004, Top Management harus menunjuk wakil manajemen khusus atau seorang Management Representative (MR) yang bertanggung jawab mengimplementasikan Sistem Manajemen Lingkungan. Sedangkan dalam ISO 14001:2015 sudah tidak wajib ada MR, namun Manajemen puncak harus memastikan bahwa tanggung jawab dan wewenang untuk peran yang berhubungan dengan tugas dan dikomunikasikan didalam organisasi. Artinya tugas dan tanggung jawab tersebut melekat pada setiap individu yang bertugas terkait lingkungan dan tanggung-jawab tersebut dapat dimasukan kedalam Jodesc.

Contoh :
Siapa yang bertanggung jawab dalam pengelolaan limbah B3?
Siapa yang bertanggungjawab mengakses dan mengevaluasi kewajiban kepatuhan?
Siapa yang bertanggung jawab menyusun aspek lingkungan?
Siapa yang bertanggungjawab mengendalikan dokumen?
Siapa yang menjadi auditor?

Tidak Wajib adanya MR dalam ISO 14001:2015 bukan berarti tidak boleh ada MR, jika perusahaan masih membutuhkan MR boleh-boleh saja.

Kepemimpinan dan Komitment. ISO 14001:2004 tidak ada pasal khusus terkait “Leadership”, Top Management boleh tidak berperan aktif dalam implementasi ISO 14001:2004 dengan cukup menunjuk MR. Namun dalam ISO 14001:2015, Top Management harus berperan aktif untuk menunjukan kepemimpinan dan komitmentnya dalam hal:
a.       mengambil tanggung jawab untuk efektifitas system manajemen lingkungan;
b.       memastikan bahwa kebijakan lingkungan dan sasaran lingkungan ditetapkan dan sesuai dengan arah strategis dan konteks organisasi;
c.       memastikan integrasi dari persyaratan system manajemen lingkungan kedalam proses bisnis organisasi;
d.       memastikan bahwa kebutuhan sumberdaya system manajemen lingkungan tersedia;
e.       mengkomunikasikan pentingnya pengelolaan lingkungan yang efektif dan sesuai dengan persyaratan sistem manajemen lingkungan;
f.        memastikan bahwa pencapaian system manajemen lingkungan sesuai yang diharapkan;
g.       mengarahkan dan mendukung orang-orang yang memberikan kontribusi terhadap efektifitas system manajemen lingkungan;
h.       mempromosikan peningkatan berkelanjutan;
i.         mendukung peran manajemen yang relevan lainnya untuk menunjukkan kepemimpinan mereka untuk area yang menjadi tanggung jawabnya.

Tabel Komponen Perbedaan Peranan Top Managemen dalam implementasi  ISO 14001:2004 dengan ISO 14001:2015
Komponen
ISO 14001:2004
ISO 14001:2015
Pasal
Penjelasan
Pasal
Penjelasan
Tugas dan Tanggung Jawab
4.4.1
"Pucuk pimpinan organisasi harus menunjuk wakil manajemen khusus yang selain tanggung jawab lainnya, harus memiliki peranan, tanggung jawab dan wewenang yang ditetapkan untuk………….."
5.3
"Manajemen puncak harus memastikan bahwa tanggung jawab dan wewenang untuk peran yang berhubungan dengan tugas dan dikomunikasikan didalam organisasi.
Manajemen puncak harus menetapkan tanggung jawab dan wewenang untuk :…………."
Kebijakan Lingkungan
4.2
"Pimpinan puncak harus mendefinisikan kebijakan lingkungan dan memastikan bahwa, dalam lingkup sistem manajemen lingkungannya,…………."
5.2
"Manajemen puncak harus menetapkan, menerapkan dan memelihara kebijakan lingkungan dalam lingkup system manajemen lingkungan…….."
Kepemimpinan dan Komitment


5.1
" Manajemen puncak harus menunjukkan kepemimpinan dan komitmennya terhadap system manajemen lingkungan dengan :
a) mengambil tanggung jawab untuk efektifitas system manajemen lingkungan;
b) memastikan bahwa kebijakan lingkungan dan sasaran lingkungan ditetapkan dan sesuai dengan arah strategis dan konteks organisasi;
c) memastikan integrasi dari persyaratan system manajemen lingkungan kedalam proses bisnis organisasi;
d) memastikan bahwa kebutuhan sumberdaya system manajemen lingkungan tersedia;
e) mengkomunikasikan pentingnya pengelolaan lingkungan yang efektif dan sesuai dengan persyaratan sistem manajemen lingkungan;
f) memastikan bahwa pencapaian system manajemen lingkungan sesuai yang diharapkan;
g) mengarahkan dan mendukung orang-orang yang memberikan kontribusi terhadap efektifitas system manajemen lingkungan;
h) mempromosikan peningkatan berkelanjutan;
i) mendukung peran manajemen yang relevan lainnya untuk menunjukkan kepemimpinan mereka untuk area yang menjadi tanggung jawabnya.
 

PENULIS : DODY INDRA WISNU

Untuk lebih memahami implementasi ISO 14001:2015, Ikuti Public Training “Awareness & Workshop ISO 14001:2015” pada 23-24 Agustus 2016 @Hotel Zuri Express Lippo Cikarang, HUBUNGI :

Tlp (021)-29067201
Fax (021)-29067204
CP : Novi 0896 9001 5541 & Ayu 0895 33039 7926
novi@sentral-sistem.com & ayu@sentral-sistem.com