Penetapan Target Perusahaan Secara Lebih Spesifik
Salah satu target perusahaan adalah meningkatkan profit sebesar 20%. Untuk mencapai peningkatan profit sebesar 20%, perusahaan menetapkan kenaikan penjualan sebesar 30%. Target tersebut menurut saya masih terlalu general, kita bisa perinci lebih detil lagi.
Misalnya :
· Menaikkan penjualan dengan cara apa ?
o Produk A memberikan keuntungan yang lebih besar, maka kita bisa fokus untuk menaikkan penjualan produk A. Target perusahaan bisa saja ditetapkan kenaikan penjualan produk A sebesar 40%, produk B sebesar 10%.
o Produk A merupakan produk unggulan perusahaan, dimana pesaing untuk produk A adalah produk import. Perbedaan harga produk A dengan produk import masih relatif cukup tinggi. Oleh karena itu kita menetapkan kenaikan harga produk A sebesar 5%.
· Jadi target menaikkan penjualan sebesar 30% bisa lebih diperinci menjadi
o Menaikkan penjualan produk A sebesar 40% dan produk B sebesar 10%
o Menaikkan harga jual produk A sebesar 5%
Untuk memiliki target yang lebih spesifik kita memang perlu melakukan analisa terlebih dahulu sebelum menetapkan target yang lebih spesifik.
Berikut ini contoh ilustrasi lainnya mengenai strategi objectives (buku Transforming Organization halaman 201) (IM)
Penulis Buku
Transforming Organization
Imanuel Iman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar