Senin, 10 Januari 2011

Inspirasi : "Hasrat untuk Berubah"


Hasrat untuk Berubah
(Terukir di sebuah makam di Westminster Abbey, Inggris)

Ketika aku masih muda dan bebas berkhayal,
aku mimpi ingin mengubah DUNIA.
Seiring dengan bertambahnya usia dan kearifanku,
kudapati bahwa
dunia tidak kunjung berubah.

Maka cita-cita itupun kupersempit
Lalu kuputuskan untuk hanya mengubah NEGERIKU.
Namun tampaknya,
hasrat itu pun tiada hasilnya

Ketika usiaku semakin senja,
dengan semangatku yang masih tersisa,
kuputuskan untuk mengubah KELUARGAKU
Orang-orang yang paling dekat denganku.
Akan tetapi celakanya,
mereka pun tidak mau diubah

Dan kini,
Sementara aku berbaring saat ajal menjelang,
Tiba-tiba kusadari:

“Andaikan yang pertama-tama kuubah adalah DIRIKU
Maka dengan menjadikan diriku sebagai anutan,
Mungkin aku bisa mengubah KELUARGAKU.

Lalu berkat inspirasi dan dorongan mereka,
Bisa jadi aku pun mampu memperbaiki NEGERIKU.

Kemudia siapa tahu
Aku bahkan bisa mengubah DUNIA

(Transforming Organization hal 234)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar