Jumat, 05 Agustus 2016

Pendekatan Proses ISO 9001:2015



Salah satu perubahan didalam ISO 9001:2015 adalah mengenai cara penerapan sistem manajemen perusahaan berdasarkan pendekatan proses. Keuntungan dalam penerapan sistem berdasarkan pendekatan proses adalah selain kita dapat dengan mudah dalam pembuatan dan melakukan evaluasi terhadap sistem diperusahaan, dan jugabila kita memiliki beberapa standard sistem manajemen seperti ISO 14001, OHSAS dll akan mempermudah perusahaan untuk mengintegrasikan beberapa sistem tersebut (high level structure).
Bagaimana langkah-langkah dalam menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan pendekatan proses?

  •  Pertama, coba identifikasi proses yang ada diperusahaan. Yang dimaksud dengan Proses adalah Aktifitas yang menggunakan sumber daya dan di kelola dengan tujuan untuk dapat mentranformasikan suatu input menjadi output.  



  • Kedua, Identifikasi resiko terkait dengan Bisnis, mutu, keselamatan dan terkait dengan lingkungan di setiap prosesnya.


  • Ketiga, Tetapkan Objective dan sasasan dari masing-masing proses agar dapat evaluasi.


  • Keempat, buat jalinan antarproses saling berhubungan dan berinteraksi membentuk suatu jalinan sistem untuk menjalankan Roda Bisnis Perusahaan.







  • Kelima, Evaluasi Proses Bisnis Perusahaan. Pelaksanaan evaluasi penerapan sistem yang ada diperusahaan dilihat berdasarkan goals atau sasaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan apakah tercapai atau tidak? Karena sistem adalah tools untuk mencapai sasaran perusahaan.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar