Senin, 24 Agustus 2015

Ergonomi bagi Pekerja Kantor




Perusahaan berinvestasi dalam jumlah yang besar untuk peralatan computer (PC atau laptop), layar/ monitor komputer, keyboard, dan peralatan kantor lainnya. Terkadang, perusahaan tidak mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut, bukan karena kekurangan dari tekhnologi yang dibeli melainkan karena lingkungan kerja yang ditimbulkan oleh peralatan tersebut. Untuk memaksimalkan hasil dari investasi tersebut, sebuah perusahaan harus mempertimbangkan masalah ergonomi bagi pekerjanya.
Sebuah perusahaan harus memastikan bahwa pekerjanya menggunakan peralatan dengan cara yang sehat untuk mempertahankan  produktifitas, dan menjadi pekerja yang sehat serta produktif. Meskipun tidak ada peraturan atau perundangan yang menstandartkan mengenai ergonomic, namun tetap saja dibawah hokum merupakan suatu tugas bagi perusahaan unutk menyediakan suatu lingkungan kerja yang bebas dari bahaya.
Berikut beberapa tips mudah untuk membantu masalah ergonomi pekerja anda:

·         Berdiri
Berdiri dan bergeraklah setiap 60 menit. Ketika anda berdiri, bergeraklah sebanyak mungkin dan jangan mengunci lutut anda. Lebih baik bagi anda bila berjalan memberikan suatu data dibandingkan dengan mengirimnya lewat internet/ surel.

·         Atur posisi monitor anda.
Untuk menghindari ketegangan pada leher, naikan layar monitor anda sejajar dengan mata.

·         Duduklah dengan tepat.
Posisikan bagian pantat anda pada bagian ujung kursi/ sandaran anda dan sandarkan punggung anda pada sandaran kursi,

·         Istirahat
Apapun posisi atau banyaknya tugas anda, hindari duduk/ bekerja dengan posisi tubuh yang sama dalam jangka yang lama. Gunakan alarm pada kalender anda atau unduh/ download sebuah aplikasi untuk mengingatkan unutk berdiri dan melakukan peregangan.

Bekerja dapat membuat anda stres, dan tertawa adalah obat yang terbaik untuk mengurangi stres. Carilah seseorang atau sesuatu yang dapat membuat anda tertawa. Tertawa dapat menjaga pikiran dan tubuh anda tetap sehat.




Sangat disarankan bagi sebuah perusahaan agar memperhatikan aspek ergonomik atau posisi bekerja para pekerjanya saat bekerja. Demi menjaga kesehatan pekerjanya agar produktifitas tetap terjaga dan menjaga komitmen perusahaan terhadap kesehatan dan keselamatan kerja.

Penulis
Halofoan
HSE Consultant Sentral Sistem 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar