Jumat, 03 Desember 2010

Kesalahan Manajemen (Top Management)


Dear Pak Imanuel Iman


Proses transformasi dimulai dari top manajemen yang harus berubah dulu.  Jadi sukses tidaknya suatu perubahan tergantung dari pemimpinnya? Berarti  juga kegagalan perusahaan adalah kegagalan pemimpinnya pak? hal ini mencontohkan pemimpin atau orang  punya peran dominan untuk keberhasilan transformasi?

Sebenarnya perubahan itu urusan operasional atau manajemen pak. Thanks sebelumnya


Almira Sudrajat

Kesalahan Manajemen (Top Management)


 Proses transformasi menurut saya memang harus dimulai dari Top Manajemen.

Untuk merubah karyawan di level bawah jauh lebih mudah, jika karyawan tidak mau ikut, Top Manajemen bisa menggunakan authoritynya untuk mengharuskan karyawan mengikuti arahan.

Namun jika masalahnya ada di Top Manajemen, maka perbaikannya menjadi lebih sulit. Siapa yang bisa meminta Top Manajemen untuk berubah ???

Celakanya perusahaan bermasalah pastinya disebabkan oleh kesalahan Manajemen dari Pucuk Pimpinan, tapi seringkali pucuk pimpinan tidak menyadari kesalahannya.

Mengacu pada permasalahan ini, buku Transforming Organization saya buat, salah satu tujuannya adalah untuk membuka paradigma para pemimpin, supaya pemimpinnya mau berubah.

Seminar menembus kebuntuan yang kemarin kami adakan cukup banyak membantu membuka wawasan dari para Pemimpin. Ada beberapa pemimpin yang kemudian berkomentar positif, bahwa dia menyadari kekurangan dalam sistem manajerial perusahaan yang dia pimpin. Bahkan ada juga pemimpin di client yang awalnya sulit diajak meeting membahas performa dan kendala di perusahaan, mendadak minta diadakan meeting performa.

Saya mencoba menrangkum dan menerangkan kesalahan Manajemen dan pemimpin, seperti penjelasan berikut (IM).



Penulis Buku
Transforming Organization
Imanuel Iman




Tidak ada komentar:

Posting Komentar