Jumat, 22 Juni 2012

Perusahaan Perlu Melakukan TRANSFORMASI Jika Ingin Bertahan dalam ERA GLOBALISASI


Jangan pernah takut untuk melakukan Transformasi Perusahaan. Karena transformasi merupakan perubahan besar yang harus dilakukan perusahaan untuk tetap bisa bersaing dalam era kompetisi global.

Atas dasar tuntutan inilah, banyak perusahaan termasuk BUMN yang mencanakan PROSES TRANSFORMASI PERUSAHAAN. Ada yang sangat berhasil, ada pula yang kurang berhasil. Ada juga perusahaan yang mengkhwatirkan DAMPAK NEGATIF dari PROSES TRANSFORMASI itu. Perubahan besar mungkin akan bisa memberikan hasil yang besar, namun bisa juga menjadi fatal bagi perusahaan. “HIGH RISK – HIGH RETURN”. Lalu bagaimana cara mengurangi resiko dari proses transformasi itu ???

Berdasarkan pengalaman saya dalam melakukan proses transformasi pada perusahaan, ada 2 cara aman yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko negative dari proses transformasi.

1.      Assessment kondisi sekarang. Melakukan identifikasi area mana yang perlu di transformasi
·         Sebelum melakukan proses transformasi, identifikasi terlebih dahulu kekuatan perusahaan. Faktor yang membuat perusahaan mampu bertahan sampai sekarang. Bedah kekuatan tersebut dan jadikan sebagai standard yang perlu dievaluasi secara rutin sehingga kekuatan tersebut bisa tetap dipertahankan. Jangan lakukan transformasi pada area ini.

·         Setelah itu kita melakukan identifikasi masalah besar diperusahaan. Rangkum masalah2 besar tersebut hanya kedalam maksimal 10 masalah besar. Tujuannya supaya kita bisa belajar mencari masalah besar yang sesungguhnya. Setelah proses identifikasi masalah besar telah dilakukan baru kemudian kita merancang rencana transformasi terhadap problem besar tersebut.

2.      Buat design atau program kerja transformasi dan lakukan pembedahan rencana program ini secara mendalam. Evaluasi di awal adalah sangat penting untuk bisa merancang program transformasi yang secara teori memang bisa kita lakukan dan juga untuk mempelajari apakah program kerja kita sudah cukup spesifik dan bisa dimengerti oleh seluruh kalangan. Evaluasi program transformasi harus dilakukan di awal (prevention) bukan dilakukan akhir (evaluation dan corrective action). Manajemen perlu lebih banyak menginvestasikan waktunya untuk melakukan evaluasi di awal bukan mereview hasil yang sudah dicapai, karena mereview hasil sudah terlambat.
Dengan 2 cara tersebut. Sejauh ini proses transformasi yang kami lakukan memberikan hasil yang cukup memuaskan (Sharing Artikel: Bapak Imanuel Iman – PENULIS  TRANSFORMING ORGANIZATION)




 Ikuti sharing event Transformasi Perusahaan
Kamis, 28 Juni 2012
Jam 13:00- 16:00 WIB

Segera Hubungi Sentral Sistem Consulting  021-29067201-3
untuk Registrasi di Sharing Event Transformasi Perusahaan
(Berlaku discount 25 % untuk Anggota Milis Sentral Sistem
sebelum 25 Juni 2012)


Salam Transfoming


Imanuel Iman
@imanueliman_ssc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar