Senin, 15 Juni 2015

3 Tipe Pemimpin Dalam Memecahkan Masalah



1.      Pemimpin tipe Pemadam kebakaran
Pemimpin tipe ini adalah pemimpin yang bekerja cepat setelah ada kebakaran. Mengambil tindakan untuk segera memadamkan api, namun tindakannya hanya sebatas menghilangkan masalahnya saja, tidak mencari akar penyebab kebakaran. Api padam, tugas selesai. Misalnya mesin rusak, segera memerintahkan untuk memperbaiki mesin yang rusak. Material datang terlambat, follow up untuk mempercepat kedatangan material. Produksi terlambat, memerintahkan untuk lembur guna mengejar keterlambatan. ‘Karyawan baru’ melakukan kesalahan; tegur karyawan supaya karyawan tersebut tidak mengulangi kesalahan. Kelemahan pemimpin tipe ini adalah bekerja setelah ada kebakaran, dan hanya fokus memadamkan api, layaknya petugas pemadam kebakaran. Masalah pada perusahaan tidak berkurang, karena hanya apinya saja yang dipadamkan. Pemimpin tipe ini tidak memberikan warisan untuk perusahaan. Selama dia memimpin perusahaan, kebakaran memang cepat tertangani, namun jumlah kebakaran (masalah) tidak berkurang

2.      Pemimpin tipe Individu Pemecah Masalah    
Pemimpin tipe ini adalah pemimpin yang pintar. Pemimpin tidak hanya bekerja untuk memadamkan api, tetapi juga mempelajari akar penyebab kebakaran. Melakukan perbaikan terhadap akar masalah, sehingga masalah secara perlahan bisa berkurang. Misalnya banyak terjadi kebakaran, pemimpin kemudian terjun langsung melakukan analisa, menemukan bahwa kebakaran banyak terjadi karena instalasi sistem kelistrikan yang tidak baik, kemudian memerintahkan untuk melakukan perbaikan pada  sistem kelistrikan. Tipe pemimpin seperti ini adalah tipe pemimpin yang dominan dalam bekerja, terjun langsung melakukan analisa dan memerintahkan tindakan yang harus dilakukan. Warisan dari pemimpin tipe ini adalah perusahaan yang lebih stabil, kebakaran yang lebih sedikit karena perbaikan sudah lebih mengarah ke akar masalah, namun memiliki karyawan yang terbiasa pasif (bekerja sesuai arahan).  
  

3.      Pemimpin tipe coach
Pemimpin tipe ini adalah pemimpin yang fokus pada pembinaan (coach). Mengajarkan team untuk memiliki kemampuan analisa yang baik. Mendiskusikan masalah, mendorong team untuk memecahkan masalah, melakukan bimbingan hingga team mampu memecahkan masalah dengan baik. Pemimpin seperti ini adalah tipe pemimpin yang walaupun sibuk dengan keseharian, namun masih tetap mau meluangkan waktu  untuk melakukan bimbingan.  Warisan dari pemimpin tipe ini adalah perusahaan yang stabil karena team yang hebat.

Termasuk tipe pemimpin seperti apakah Anda? 


Penulis
Imanuel Iman
Sentral Sistem Consulting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar