Rabu, 04 Juli 2012

Konflik Antar Departemen


Salah satu permasalahan yang sering terjadi diperusahaan adalah konflik kepentingan antar departemen. Misalnya kasus keterlambatan delivery atau gangguan di produksi:

·         Versi Produksi :
o   Proses pengadaan barang lama, sedangkan saya didesak  oleh marketing untuk cepat kirim (order turun dari Marketing waktunya hanya 14 hari), seharusnya marketing kasih waktu yang cukup karena proses pengadaan barang butuh waktu yang cukup panjang

·         Versi Marketing :
o   Yang minta cepat bukan saya tapi Customer, kalau tidak kita  sanggupi nanti Customer order ke tempat lain, Kompetitor yang lain sanggup mengirim dalam waktu 10 hari

·         Versi Pengadaan :
o   Mintanya juga mendadak, jadi jangan salahin Purchasing dong. Kita sudah berusaha melakukan yang terbaik, tapi supplier juga perlu waktu untuk mengadakan barang, tidak bisa minta hari ini datang besok.
o   Belum lagi proses persetujuan PO yang membutuhkan waktu untuk mencari pembanding, harus approval manajemen lebih dahulu sedangkan  manajemen juga kadang tidak ada ditempat.

·         Versi Manajemen :
o   Pusing saya sama staff disini, masa saya yang harus mengurusi masalah-masalah kecil, semuanya harus saya yang handle.

Semuanya melihat dari kacamata masing-masing. Menanggapi eksternal yang menjadi masalah, “Orang lain” bekerja kurang baik, akibatnya “Saya menjadi korban”. Kondisi ini terus terjadi hingga akhirnya suasana kerja menjadi tidak nyaman. Kalaupun kita memiliki thermometer yang bisa mengukur suhu di perusahaan, mungin suhu di perusahaan bisa mencapai 40 0 C.

Kondisi seperti ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara duduk sama-sama, melepas jubah departemen, jubah section untuk menyusun proses bisnis berdasarkan kacamata perusahaan. Dengan menyusun proses bisnis tidak berdasarkan kacamata departemen, tetapi berdasarkan kacamata perusahaan, semua melihat dari angle (sudut) yang sama. 


Seperti ilustrasi gambar sebagai berikut : satu gambar bisa dilihat dengan intepretasi yang berbeda (kedua pasangan ini bisa terlihat muda atau tua), tergantung kita melihatnya dari sudut/ kacamata yang mana




atau




salam Transforming,


Imanuel Iman
@imanueliman_ssc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar