Senin, 30 Juli 2012

Tipe - Tipe Pemimpin, Tipe Pemimpin seperti apakah pemimpin Anda? Dan Tipe Pemimpin seperti apakah Anda?


  1. Tuan Pengeluh, cepat menyerah ketika menghadapi masalah. Sering mengeluh, merasa orang lain (departemen lain, atasan, bawahan, rekan kerja) kurang support.
Dalam keseharian sering mengeluhkan masalah namun tidak bergerak untuk menyelesaikan masalah.
  
  1. Tuan Pengkritik, selalu ingin menyalahkan orang setiap kali terjadi masalah. Pada saat bicara masalah, tuan pengkritik seolah memahami permasalahan, memahami jawaban atas permasalahan, seharusnya bla bla bla ……………………., anehnya jika Tuan Pengkritik sudah mengetahui jawabannya, kenapa masalah tidak kunjung terselesaikan ?  Contohnya pengamat bola yang pintar sekali dalam melakukan analisa, anggota DPR yang lancar ketika mengkritik eksekutif, namun ketika menjadi pelatih yang sebenarnya atau ketika masuk dalam jajaran eksekutif, Tuan Pengkritik belum tentu  mampu menyelesaikan masalah. Mengkritik adalah satu hal, namun menyelesaikan masalah adalah merupakan tantangan yang sebenarnya.


  1. Tuan Terima Beres, beranggapan bahwa masalah adalah tanggung jawab anak buah, ketika ada masalah beranggapan anak buah tidak mampu menyelesaikan masalah, ketika anak buah menceritakan masalah, dikembalikan lagi ke anak buah. “Menurut kamu solusinya bagaimana ?
Coba kamu pikirkan solusinya, masa semua masalah harus saya yang bereskan ?”

  1. Tuan Pemimpi, banyak ide, sering mengeluarkan gagasan baru, bahkan sering kali idenya cukup brillian, tapi tidak melaksanakannya secara nyata.

  1. Tuan Reaksi Cepat, tidak takut akan masalah dan segera bereaksi ketika ada masalah, namun sering kali tindakannya dilakukan tanpa melalui analisa terlebih dahulu. Akibat perencanaan yang kurang matang, seringkali terjadi masalah pada saat eksekusi. Pada akhirnya Tuan Reaksi Cepat sering terjebak pada kondisi Manajemen Pemadam Kebakaran (sibuk memadamkan api, namun tidak menyelesaikan permasalahan sesungguhnya)

  1. Tuan Pemecah Masalah, melihat masalah, menganalisa dan menetapkan rencana perbaikan, melakukan perbaikan dan mengevaluasi efektifitas tindakan perbaikan

So,  
Tipe Pemimpin seperti apakah pemimpin Anda? 
 Dan Tipe Pemimpin seperti apakah Anda?


Salam Transformasi,


Imanuel Iman
Penulis Buku Transforming Organization
Join Ur Milist at sspm@sentral-sistem.com or imas@sentral-sistem.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar