Selasa, 10 Juli 2012

Sudahkah Anda Melakukan "PERUBAHAN"?


Apa yang diharapkan Manusia pada umumnya ?
·         Mempertahankan apa yang sudah berhasil dicapai ?
·         Atau selalu ingin menjadi lebih baik ?

Hampir 80% dari responden yang ditanyakan mengenai hal ini, menyatakan ingin menjadi lebih baik. Namun apa yang sudah dilakukan untuk menjadi lebih baik ? Untuk responden yang menjawab ingin menjadi lebih baik dan diberi waktu 5 menit untuk menjawab, ternyata hampir semua kesulitan untuk menulis 3 perubahan yang pernah dilakukan dalam waktu 3 bulan terakhir. Mereka pada umumnya terjebak dengan rutinitas yang biasa mereka lakukan. Waktu mereka habis mengurusi rutinitas dan permasalahan sehari-hari.

Demikian juga dengan perusahaan/pemerintahan, banyak perusahaan/ pemerintahan yang ingin menjadi lebih baik, namun terjebak dengan rutinitas dan permasalahan sehari-hari. Walaupun perusahaan memiliki target yang ditetapkan setiap tahun, namun tidak banyak perusahaan yang memiliki rencana kerja perubahan yang akan dilakukan untuk mencapai target. Demikian juga dengan pemerintahan, sering kali kita terbius dengan janji atau dengan bahasa kerennya “Visi” yang dipaparkan oleh Calon pemimpin, namun kita jarang menanyakan perubahan apa yang akan dilakukan untuk mencapai Janji (Visi) mereka.

Padahal berkaca pada teori Perubahan, kita semua tahu bahwa “Jika kita mengerjakan pekerjaan sehari-hari kita akan mendapatkan hasil yang sehari-hari pula. “ Tidak mungkin kita bisa mencapai yang lebih baik tanpa melakukan perubahan. Namun sayangnya secara sadar atau tidak sadar, kita sering melupakan teori ini. Kita terjebak dengan pekerjaan rutin dan masalah sehari-hari, bekerja seperti layaknya pemadam kebakaran yang sibuk memadamkan api, namun tidak akan pernah bisa mengurangi kebakaran.

Untuk itulah saya kembali mengingatkan rekan-rekan atas teori sederhana ini, namun sangat powerfull. Mulailah kita me-rancang perubahan untuk mencapai hasil yang lebih baik.


Salam Transformasi
Imanuel Iman
@imanueliman_ssc
Penulis Buku “Transforming Organization”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar