Selasa, 11 Desember 2012

BELAJAR STATISTIK JANGAN BELAJAR CARA PERHITUNGAN



BELAJAR STATISTIK
JANGAN BELAJAR CARA PERHITUNGAN

Berdasarkan pengalaman kami sebagai konsultan. Beberapa perusahaan / karyawan, memahami cara perhitungan statistik. Sehingga kita disuruh melakukan perhitungan, mereka bisa melakukan. Tetapi kita ditanya lebih dalam mengenai konsep statistik, Apa itu stability? Apa itu capability? Apa yang dimaksud reject akibat stability? Reject akibat capability?  Bagaimana memperbaiki reject akibat ketidakstabilan proses? Dan perbaikan apa yang harus dilakukan atas reject yang diakibatkan oleh ketidakmampuan proses? Beberapa ternyata masih bingung dan tidak mampu menjelaskan hal tersebut.

Kendala tersebut diatas banyak kami temukan, salah satu penyebabnya adalah :
  • Fokus memahami statistik melalui cara perhitungan statistik, bukan pada konsep dan cara aplikasi statistik di Industri.
  • Training statistik difokuskan pada cara melakukan perhitungan statistik, bukan pada konsep dan aplikasi statistik di perusahaan.
  • Kurangnya referensi aplikasi statistik di Industri. Banyak buku statistik berisi teori statistik dan cara perhitungan statistik (mengajarkan rumus).
Oleh karena itu kami mencoba untuk lebih memberikan penjelasan statistik secara konseptual, sehingga statistik bisa dipahami dengan lebih baik, dan bisa diimplementasikan di perusahaan juga dengan lebih baik. Bukan belajar cara melakukan perhitungan statistik.

Untuk lebih jelas mengenai penerapan aplikasi statistik dapat dilihat pada file : Proces Validation by Statistic (Power Point)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar