Kamis, 06 Desember 2012

Pemikir aktif versus pemikir pasif



Dua orang pembuat kue wafel sama-sama memiliki produk kue wafel yang sebanding dalam hal kualitas dan harga.

· Yang satu pemikir pasif

· Yang lain adalah pemikir aktif

Karena bosan dengan rasa wafel yang itu-itu saja, akhirnya penjualan wafel menjadi turun. Sang pemikir pasif tidak berbuat apa-apa dan meningggalkan bisnisnya, sedangkan sang pemikir aktif membentuk kue wafelnya menjadi kerucut dan menciptakan suatu produk baru kerucut es krim, seperti yang sekarang sering kita nikmati.

Kisah tersebut juga merupakan cermin dalam kehidupan sehari-hari kita. Ketika kita menghadapi suatu masalah, sering kali kita terjebak untuk menjadi seorang pemikir pasif, yang tidak berbuat apa-apa dan meninggalkan masalah tersebut tanpa memikirkan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

· Ketika seorang pebisnis menghadapi kendala dalam bisnisnya, dia bertindak seperti pemikir pasif dengan meninggalkan bisnisnya.

· Ketika kita menghadapi Customer Claim, kita bertindak seperti pemikir pasif dengan yang hanya mendengarkan dan memberikan kompensasi tanpa memikirkan solusi supaya masalah tersebut tidak terulang

· Ketika kita menghadapi Management yang tidak peduli, kita bertindak seperti pemikir pasif yang tidak berbuat apa-apa untuk meyakinkan Manajemen supaya bisa menjadi lebih peduli.

· Ketika kita menghadapi target yang tidak tercapai, kita bertindak seperti  pemikir pasif yang merasa bahwa kita sudah mencoba melakukan yang maksimal, dan tidak melakukan perubahan apa-apa.

· Dan banyak hal lain dalam kehidupan sehari-hari kita yang mencerminkan perilaku kita seperti seorang pemikir pasif.

Oleh karena itu jika kita mendapat masalah, cobalah ingat untuk bertanya apakah kita ingin menjadi seorang pemikir pasif ? Atau kita ingin menjadi seorang pemikir Aktif? Tentunya kita semua mau menjadi pemikir aktifkan!!!



Regards



Imanuel Iman

Sentral Sistem Consulting

@ M.T. Haryono Square 3A Fl. No. 2

Jl. M.T. Haryono Square Kav. 10 Jakarta Timur 13330

(T) +6221-29067201 - 3

(F) +6221-29067204

Tidak ada komentar:

Posting Komentar